Soda kue dan baking powder, apa bedanya?

Soda kue dan baking powder adalah dua bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kue dan roti. Meskipun keduanya memiliki peran yang mirip dalam proses pengembangan adonan, namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Soda kue, atau yang juga dikenal sebagai baking soda, adalah zat kimia yang bersifat basa. Soda kue bekerja dengan cara bereaksi dengan asam dalam adonan, menghasilkan gas karbon dioksida yang membantu mengembangkan adonan. Soda kue biasanya digunakan dalam resep kue yang mengandung bahan-bahan asam seperti coklat, yogurt, atau buah-buahan. Penggunaan soda kue yang berlebihan dapat menyebabkan rasa pahit pada kue dan membuatnya terlalu berongga.

Sementara itu, baking powder adalah campuran antara soda kue dan asam tartarat yang sudah dikemas dalam satu produk. Baking powder memiliki dua jenis, yaitu double acting dan single acting. Baking powder double acting akan memberikan gelembung gas karbon dioksida dua kali, pertama saat terkena cairan dan kedua saat terkena panas. Sedangkan baking powder single acting hanya memberikan gelembung gas karbon dioksida sekali, yaitu saat terkena cairan. Baking powder biasanya digunakan dalam resep kue yang tidak mengandung bahan asam.

Dalam pemilihan antara soda kue dan baking powder, sebaiknya memperhatikan jenis resep kue yang akan dibuat. Jika resep kue mengandung bahan-bahan asam, maka soda kue lebih cocok digunakan. Namun, jika resep kue tidak mengandung bahan asam, maka baking powder adalah pilihan yang lebih tepat. Kedua bahan ini memiliki peran yang penting dalam pembuatan kue dan roti, dan perbedaan di antara keduanya perlu diperhatikan agar hasil akhir kue menjadi sempurna.