Perdokhi ingatkan jamaah tetap lakukan senam haji cegah kekakuan sendi

Perdokhi, singkatan dari Perkumpulan Dokter Haji Indonesia, baru-baru ini mengingatkan jamaah haji untuk tetap melakukan senam haji guna mencegah kekakuan sendi selama ibadah haji. Senam haji merupakan serangkaian gerakan dan stretching yang dirancang khusus untuk mempersiapkan tubuh dalam menjalani ibadah haji yang sangat melelahkan.

Kekakuan sendi seringkali terjadi pada jamaah haji yang melakukan ibadah haji, terutama karena mereka harus berjalan jauh, berdiri lama, dan melakukan berbagai aktivitas fisik lainnya selama beberapa hari. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan pada sendi-sendi tubuh, sehingga dapat mengganggu pelaksanaan ibadah haji dengan optimal.

Melalui senam haji, jamaah haji dapat mempersiapkan tubuh mereka dalam menghadapi tantangan fisik yang akan mereka hadapi selama ibadah haji. Gerakan-gerakan dalam senam haji dapat membantu menjaga kelenturan dan kekuatan otot serta sendi, sehingga mencegah terjadinya kekakuan sendi dan rasa nyeri selama menjalani ibadah haji.

Perdokhi menyarankan jamaah haji untuk melakukan senam haji secara teratur, minimal dua kali sehari, baik sebelum maupun setelah melakukan ibadah haji. Senam haji juga bisa dilakukan saat istirahat di tenda atau hotel, sehingga jamaah haji tetap bisa menjaga kondisi fisik mereka selama menjalani ibadah haji.

Dengan melakukan senam haji, jamaah haji dapat menjaga kesehatan dan kenyamanan tubuh mereka selama ibadah haji, sehingga mereka dapat melaksanakan ibadah dengan lebih lancar dan nyaman. Oleh karena itu, penting bagi jamaah haji untuk memperhatikan kesehatan fisik mereka dan melakukan senam haji sebagai salah satu cara untuk mencegah kekakuan sendi selama ibadah haji. Semoga ibadah haji kita semua diterima oleh Allah SWT. Amin.