Pakar bantah kemasan AMDK berbahan polikarbonat sebabkan anak autis

Pakar kesehatan menepis klaim yang menghubungkan penggunaan kemasan air minum dalam kemasan polikarbonat dengan peningkatan risiko anak mengalami gangguan autis. Klaim tersebut telah menyebar di media sosial dan menyebabkan kekhawatiran di kalangan masyarakat.

Polikarbonat adalah jenis plastik yang sering digunakan dalam kemasan air minum botol. Namun, beberapa orang percaya bahwa zat kimia yang terkandung dalam polikarbonat, seperti bisphenol A (BPA), dapat menyebabkan gangguan neurologis pada anak, termasuk autisme.

Namun, pakar kesehatan menegaskan bahwa klaim tersebut tidak didukung oleh bukti ilmiah yang kuat. Menurut Dr. Maria, seorang pakar kesehatan anak dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, tidak ada hubungan langsung antara penggunaan kemasan air minum polikarbonat dan risiko autisme.

“Autisme adalah gangguan perkembangan neurologis kompleks yang disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan. Penggunaan kemasan polikarbonat tidak bisa menjadi penyebab langsung dari autisme,” jelas Dr. Maria.

Dr. Maria juga menambahkan bahwa BPA, zat kimia yang sering disalahkan dalam kaitannya dengan autisme, sebenarnya telah dikecualikan dari penggunaan di banyak negara, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, risiko terpaparnya BPA melalui kemasan air minum polikarbonat sekarang sudah sangat minim.

Sebagai gantinya, Dr. Maria menyarankan orangtua untuk tetap memilih kemasan air minum yang aman dan terpercaya untuk anak-anak mereka. “Penting untuk memilih kemasan air minum yang terbuat dari bahan yang aman dan teruji, seperti kemasan air minum kemasan botol PET yang telah bersertifikasi,” tambahnya.

Dengan demikian, penting bagi masyarakat untuk tidak cepat percaya pada informasi yang belum terbukti kebenarannya. Kesehatan anak-anak merupakan prioritas utama, dan keputusan terkait pemilihan kemasan air minum harus didasarkan pada bukti ilmiah yang valid. Jangan terpancing oleh informasi yang tidak jelas asal-usulnya dan selalu konsultasikan dengan pakar kesehatan yang terpercaya.