IDAI soroti pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) telah mengeluarkan pernyataan yang menyoroti masalah pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia. Menurut IDAI, masih terdapat kesenjangan yang besar antara pelayanan kesehatan anak di daerah perkotaan dan pedesaan.

Pelayanan kesehatan anak yang berkualitas sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak Indonesia. Namun, sayangnya tidak semua anak di Indonesia memiliki akses yang sama terhadap pelayanan kesehatan yang baik. Banyak anak di pedesaan yang masih kesulitan untuk mendapatkan akses ke layanan kesehatan yang memadai.

IDAI menekankan pentingnya pemerataan pelayanan kesehatan anak di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan jumlah fasilitas kesehatan anak di daerah pedesaan, serta meningkatkan ketersediaan tenaga medis yang berkualitas di daerah terpencil.

Selain itu, IDAI juga menyoroti pentingnya pendidikan kesehatan anak bagi masyarakat di daerah pedesaan. Dengan pengetahuan yang cukup tentang kesehatan anak, diharapkan orang tua di pedesaan dapat lebih proaktif dalam menjaga kesehatan anak-anak mereka.

IDAI juga mengajak pemerintah dan stakeholder terkait untuk bekerja sama dalam meningkatkan pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia. Dengan adanya kerjasama yang baik antara semua pihak, diharapkan semua anak di Indonesia dapat mendapatkan akses yang sama terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Sebagai masyarakat, kita juga dapat berperan aktif dalam mendukung pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia. Dengan berpartisipasi dalam program-program kesehatan anak yang diselenggarakan oleh pemerintah atau organisasi kesehatan, kita dapat turut berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan anak-anak Indonesia.

Dengan upaya bersama, diharapkan pemerataan pelayanan kesehatan anak di Indonesia dapat tercapai sehingga semua anak dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat dan bahagia.