IDAI rekomendasikan anak banyak konsumsi buah saat polusi udara tinggi

Asosiasi Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan agar anak-anak mengonsumsi buah-buahan secara rutin, terutama saat tingkat polusi udara tinggi. Hal ini disampaikan sebagai upaya untuk menjaga kesehatan anak-anak dari dampak negatif polusi udara.

Polusi udara merupakan salah satu masalah lingkungan yang semakin meresahkan masyarakat, terutama di perkotaan. Partikel-partikel berbahaya dalam udara dapat masuk ke dalam sistem pernapasan dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, terutama pada anak-anak yang masih memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna.

Menurut IDAI, mengonsumsi buah-buahan secara rutin dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak-anak. Buah-buahan mengandung vitamin dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari efek negatif polusi udara. Selain itu, buah-buahan juga kaya akan serat dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat.

IDAI juga menyarankan agar anak-anak mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, stroberi, dan kiwi. Vitamin C diketahui dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi udara. Selain itu, buah-buahan yang kaya akan antioksidan juga sangat dianjurkan, seperti blueberry, anggur, dan manggis.

Dengan mengonsumsi buah-buahan secara rutin, diharapkan anak-anak dapat tetap sehat dan terlindungi dari dampak negatif polusi udara. Selain itu, menjaga pola makan yang sehat juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak. Oleh karena itu, para orangtua diimbau untuk memberikan asupan buah-buahan yang cukup kepada anak-anak, terutama saat polusi udara tinggi. Semoga dengan pola makan yang sehat, anak-anak dapat tetap sehat dan aktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari.