IDAI: MPASI buatan sendiri lebih baik dari yang dijual di jalan

IDAI: MPASI buatan sendiri lebih baik dari yang dijual di jalan

Makanan pendamping ASI (MPASI) merupakan makanan yang diberikan kepada bayi setelah usia enam bulan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang diperlukan selama masa pertumbuhan. MPASI yang baik sangat penting dalam perkembangan bayi, sehingga pemilihan makanan yang tepat sangat diperlukan.

Dalam hal ini, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan untuk memberikan MPASI yang buatan sendiri daripada yang dijual di jalan. Hal ini dikarenakan MPASI buatan sendiri memiliki kontrol yang lebih baik terhadap kualitas dan kebersihan makanan yang diberikan kepada bayi.

MPASI yang dijual di jalan seringkali tidak memenuhi standar kebersihan dan kualitas yang seharusnya. Makanan yang dijual di jalan rentan terkontaminasi dengan bakteri dan bahan kimia berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan bayi. Selain itu, makanan yang dijual di jalan juga seringkali mengandung gula dan garam yang berlebihan, yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada bayi.

Sementara itu, MPASI buatan sendiri memungkinkan para ibu untuk lebih memilih bahan-bahan makanan yang sehat dan bergizi untuk diberikan kepada bayi. Dengan membuat sendiri MPASI, para ibu dapat memastikan bahwa makanan yang diberikan kepada bayi bebas dari bahan-bahan berbahaya dan kandungan gula serta garam yang berlebihan.

Selain itu, MPASI buatan sendiri juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan gizi dan preferensi bayi. Para ibu dapat menciptakan variasi makanan yang sehat dan bergizi untuk diberikan kepada bayi, sehingga memberikan pengalaman makan yang lebih menyenangkan bagi bayi.

Dengan demikian, IDAI menekankan pentingnya memberikan MPASI buatan sendiri daripada yang dijual di jalan. MPASI buatan sendiri memiliki kontrol yang lebih baik terhadap kualitas dan kebersihan makanan yang diberikan kepada bayi, sehingga dapat memberikan nutrisi yang lebih baik bagi perkembangan bayi. Oleh karena itu, para ibu disarankan untuk lebih memilih MPASI buatan sendiri untuk memberikan yang terbaik bagi bayi mereka.