Frugal living, apa artinya? – ANTARA News

Frugal living merupakan gaya hidup hemat yang bertujuan untuk mengelola keuangan dengan bijak. Dengan melakukan gaya hidup ini, seseorang akan belajar untuk tidak boros dalam pengeluaran serta memaksimalkan penggunaan uang yang dimiliki.

Frugal living tidak berarti hidup dengan keterbatasan atau menyiksa diri sendiri dalam hal keuangan. Sebaliknya, frugal living mengajarkan seseorang untuk menjadi lebih cerdas dalam mengelola uang dan menyadari nilai dari setiap pengeluaran yang dilakukan.

Salah satu prinsip utama dari frugal living adalah membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Dengan memahami perbedaan ini, seseorang akan lebih mudah untuk menentukan prioritas dalam pengeluaran serta menghindari pemborosan.

Selain itu, frugal living juga mengajarkan seseorang untuk menjadi lebih kreatif dalam mencari cara untuk menghemat uang. Mulai dari memanfaatkan diskon dan promo, memasak sendiri di rumah, hingga menggunakan barang bekas yang masih layak pakai.

Dengan menerapkan gaya hidup hemat ini, seseorang akan merasakan banyak manfaat, seperti memiliki tabungan yang cukup, mengurangi stres terkait keuangan, serta memiliki kebebasan finansial untuk mengejar impian dan tujuan hidup.

Jadi, frugal living adalah cara yang bijak untuk mengelola keuangan dan memastikan bahwa uang yang dimiliki digunakan secara efisien dan produktif. Dengan menerapkan prinsip-prinsip frugal living, seseorang dapat mencapai kehidupan yang lebih stabil dan bahagia secara finansial.