Dokter: Cegah penyakit jantung koroner sejak usia 35-40 tahun ke atas

Penyakit jantung koroner menjadi salah satu penyakit yang sering menyerang masyarakat di Indonesia. Penyakit ini dapat berakibat fatal jika tidak ditangani dengan segera. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk mencegah penyakit jantung koroner sejak usia 35-40 tahun ke atas.

Dokter menyarankan agar setiap individu mulai melakukan langkah-langkah pencegahan penyakit jantung koroner sejak usia 35-40 tahun. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga pola makan yang sehat. Hindari makanan yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol, serta konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, sayuran, buah-buahan, dan ikan.

Selain itu, penting pula untuk rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Olahraga dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengontrol kadar gula darah, serta menjaga berat badan ideal. Dokter juga menyarankan untuk menghindari kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, karena kedua kebiasaan tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.

Selain itu, penting juga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Dokter dapat melakukan pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah, serta kadar kolesterol dalam darah. Hal ini dapat membantu mendeteksi adanya penyakit jantung koroner lebih dini sehingga dapat segera ditangani.

Dokter juga menyarankan untuk menghindari stres dan menjaga kesehatan mental. Stres dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, oleh karena itu penting untuk mencari cara untuk mengatasi stres, seperti meditasi, yoga, atau hobi yang menyenangkan.

Dengan melakukan langkah-langkah pencegahan penyakit jantung koroner sejak usia 35-40 tahun ke atas, diharapkan dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner di masa depan. Kesehatan jantung merupakan aset berharga yang harus dijaga dengan baik, jadi janganlah menunda-nunda untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat mulai dari sekarang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kesehatan Anda.