Dokter: Anak dengan alergi susu sapi tak boleh diberi susu kambing

Anak dengan alergi susu sapi merupakan kondisi medis yang tidak boleh dianggap remeh. Alergi susu sapi adalah reaksi tubuh terhadap protein yang terdapat dalam susu sapi, yang dapat menyebabkan gejala seperti ruam kulit, muntah, diare, hingga kesulitan bernapas.

Dalam penanganan anak dengan alergi susu sapi, sangat penting untuk memperhatikan asupan nutrisi yang diberikan kepada anak. Salah satu alternatif yang sering dijadikan pilihan adalah susu kambing. Namun, tahukah Anda bahwa anak dengan alergi susu sapi sebaiknya tidak diberikan susu kambing?

Meskipun susu kambing memiliki kandungan protein yang berbeda dengan susu sapi, namun tetap saja dapat menyebabkan reaksi alergi pada anak yang memiliki alergi susu sapi. Hal ini disebabkan karena protein yang terdapat dalam susu kambing memiliki kemiripan dengan protein dalam susu sapi sehingga dapat memicu reaksi alergi yang sama.

Sebagai orangtua, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi dalam menentukan alternatif susu yang aman untuk anak dengan alergi susu sapi. Ada berbagai jenis susu alternatif yang dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi, seperti susu kedelai, susu almond, atau susu kacang-kacangan lainnya.

Selain itu, perhatikan pula label kemasan produk susu alternatif yang akan diberikan kepada anak, pastikan tidak mengandung bahan-bahan yang dapat memicu reaksi alergi pada anak. Jangan ragu untuk bertanya kepada dokter atau ahli gizi jika Anda memiliki pertanyaan atau kebingungan dalam memilih susu alternatif yang sesuai untuk anak dengan alergi susu sapi.

Ingatlah bahwa kesehatan anak adalah prioritas utama, maka pastikan untuk selalu memberikan asupan nutrisi yang aman dan sesuai dengan kondisi kesehatan anak. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda sebagai orangtua yang peduli terhadap kesehatan anak.