Biaya membuat paspor – ANTARA News

Biaya membuat paspor adalah salah satu hal yang perlu dipertimbangkan ketika seseorang ingin bepergian ke luar negeri. Proses pembuatan paspor tidak hanya melibatkan pengurusan dokumen-dokumen yang diperlukan, tetapi juga biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan paspor tersebut.

Menurut informasi dari Kantor Imigrasi, biaya pembuatan paspor di Indonesia bervariasi tergantung pada jenis paspor yang dibutuhkan. Untuk paspor biasa, biaya yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp 355.000 untuk masa berlaku 5 tahun dan Rp 605.000 untuk masa berlaku 10 tahun. Sedangkan untuk paspor diplomatik, biaya yang harus dikeluarkan adalah sebesar Rp 1.005.000 untuk masa berlaku 5 tahun dan Rp 1.755.000 untuk masa berlaku 10 tahun.

Selain biaya pembuatan paspor, ada juga biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk beberapa proses yang berbeda. Misalnya, biaya pengurusan visa, biaya pengurusan surat keterangan dokter, biaya foto, dan biaya lainnya yang mungkin diperlukan selama proses pembuatan paspor.

Penting untuk diingat bahwa biaya membuat paspor bisa berbeda-beda di setiap negara, tergantung pada kebijakan masing-masing pemerintah. Oleh karena itu, sebaiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum memulai proses pembuatan paspor.

Meskipun biaya membuat paspor bisa terasa mahal bagi sebagian orang, namun memiliki paspor adalah investasi yang sangat berharga untuk memperluas kesempatan perjalanan dan pengalaman hidup. Jadi, jika Anda berencana untuk bepergian ke luar negeri, jangan lupa untuk mempersiapkan biaya membuat paspor dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang merencanakan perjalanan ke luar negeri.