Apa bedanya baking soda dan baking powder? Berikut penjelasannya

Baking soda dan baking powder sering digunakan sebagai bahan dalam membuat kue dan roti. Meskipun keduanya memiliki nama yang mirip, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam proses pembuatan dan penggunaannya.

Baking soda, atau yang juga dikenal dengan soda kue, adalah senyawa kimia yang terbuat dari natrium bikarbonat. Baking soda bekerja dengan cara menghasilkan gas karbon dioksida ketika terkena panas, sehingga menghasilkan adonan yang mengembang dan mengembangkan roti atau kue. Baking soda sering digunakan dalam resep yang mengandung bahan asam, seperti yogurt, cuka, atau lemon juice, untuk membantu mengimbangi keasaman bahan tersebut.

Sementara itu, baking powder adalah campuran antara baking soda dan bahan asam, seperti krim tartar, yang sudah tercampur dalam satu kemasan. Baking powder memiliki dua jenis, yaitu baking powder tunggal yang langsung bereaksi ketika terkena cairan, dan double-acting baking powder yang bereaksi dua kali, yaitu saat terkena cairan dan ketika terkena panas. Baking powder biasanya digunakan dalam resep yang tidak mengandung bahan asam, karena baking powder sudah mengandung bahan asam di dalamnya.

Dalam penggunaannya, baking soda biasanya digunakan dalam resep yang memerlukan asam, seperti roti asam atau kue cokelat. Sedangkan baking powder lebih sering digunakan dalam resep yang tidak memerlukan asam, seperti roti manis atau kue vanilla.

Jadi, meskipun nama dan fungsi baking soda dan baking powder terlihat mirip, namun keduanya memiliki perbedaan yang penting dalam proses pembuatan kue dan roti. Sebagai seorang baker, penting untuk memahami perbedaan antara keduanya agar dapat menghasilkan kue dan roti yang sempurna.