Ahli rekomendasikan lansia banyak konsumsi makanan berprotein

Ahli kesehatan merekomendasikan agar lansia banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein. Hal ini dikarenakan protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan dan fungsi organ-organ tubuh.

Protein merupakan zat gizi yang penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot, kulit, dan rambut. Selain itu, protein juga berperan dalam memproduksi enzim dan hormon yang penting untuk proses metabolisme tubuh. Oleh karena itu, kebutuhan protein pada lansia biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok usia yang lebih muda.

Kekurangan protein pada lansia dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti penurunan massa otot, penurunan daya tahan tubuh, dan risiko terkena penyakit kronis, seperti osteoporosis dan diabetes. Oleh karena itu, penting bagi lansia untuk memperhatikan asupan protein dalam diet sehari-hari.

Beberapa sumber protein yang baik untuk lansia antara lain daging, ikan, telur, susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Selain itu, lansia juga disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat, vitamin, dan mineral lainnya untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein secara cukup, lansia dapat menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi risiko terkena berbagai penyakit. Oleh karena itu, penting bagi lansia untuk memperhatikan pola makan sehari-hari dan memastikan asupan protein yang cukup dalam diet mereka. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para lansia dan dapat membantu menjaga kesehatan mereka di masa tua.