7 Manfaat baking soda yang tidak banyak diketahui orang

Baking soda atau natrium bikarbonat adalah bahan yang sering digunakan dalam dunia kuliner. Namun, tahukah Anda bahwa baking soda memiliki manfaat yang lebih dari sekadar membuat kue mengembang? Berikut ini adalah tujuh manfaat baking soda yang mungkin tidak banyak diketahui orang:

1. Membersihkan gigi secara alami
Baking soda memiliki sifat abrasif yang dapat membersihkan gigi dan menghilangkan plak serta noda pada gigi. Campurkan baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta gigi alami yang efektif membersihkan gigi Anda.

2. Menghilangkan bau tak sedap pada kaki
Jika Anda memiliki masalah dengan bau tak sedap pada kaki, cobalah mencampurkan baking soda dengan sedikit air dan gunakan sebagai scrub pada kaki Anda. Baking soda dapat menyerap bau tak sedap dan memberikan kesegaran pada kaki Anda.

3. Mengatasi jerawat
Baking soda memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta dan oleskan pada area jerawat. Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air.

4. Menghilangkan bau pada pakaian
Jika pakaian Anda memiliki bau yang sulit dihilangkan, tambahkan baking soda ke dalam mesin cuci bersama deterjen Anda. Baking soda dapat menyerap bau tak sedap dan memberikan kesegaran pada pakaian Anda.

5. Mengatasi rambut berminyak
Baking soda dapat membantu mengatasi rambut berminyak dengan cara menyerap kelebihan minyak pada kulit kepala. Campurkan baking soda dengan sedikit air dan aplikasikan pada kulit kepala sebelum keramas.

6. Menjaga keseimbangan pH kulit
Kulit manusia memiliki tingkat pH tertentu yang perlu dijaga agar tetap seimbang. Baking soda dapat membantu menjaga keseimbangan pH kulit Anda dengan cara menetralkan asam yang ada pada kulit.

7. Menghilangkan bau pada kulkas
Jika kulkas Anda memiliki bau yang tidak sedap, letakkan mangkuk kecil berisi baking soda di dalam kulkas. Baking soda akan menyerap bau tak sedap dan memberikan kesegaran pada kulkas Anda.

Itulah tujuh manfaat baking soda yang mungkin tidak banyak diketahui orang. Selain sebagai bahan dalam pembuatan kue, baking soda juga memiliki beragam manfaat lain yang bisa Anda manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Selalu pastikan untuk menggunakan baking soda dengan bijak dan sesuai dengan petunjuk penggunaan yang dianjurkan.